-->

Notification

×

Kategori Berita

CARI BERITA

Iklan

Iklan


Iklan





Lakukan Ini, Agar Terhindar Dari Penyakit DBD

| Thursday, January 19, 2023 WIB | Last Updated 2023-01-19T14:39:44Z

DUMAI - Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Dumai, Suriani meminta warga untuk menerapkan program Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan cara 3M Plus, yakni Menguras, Menutup, dan Memanfaatkan agar terhindar dari penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Hal itu disampaikannya saat melakukan pengasapan atau fogging di lingkungan warga dalam upaya memberantas penyebaran DBD di Kota Dumai, Kamis (19/1/2023).

"Menguras artinya membersihkan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air, tempat penampungan air minum, penampung air lemari es dan lain-lain," terangnya.

Kemudian masyarakat menutup rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum, kendi, toren air, dan lain sebagainya, serta memanfaatkan kembali, atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk penular DBD.

"Dalam 3M Plus juga sebagai langkah pencegahan dapat dilakukan dengan menaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan," ujarnya.

Warga bisa juga menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk, dan mengenakan kelambu saat tidur.

"Serta memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk dan menanam tanaman pengusir nyamuk, lalu mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah," ujarnya lagi.

Selain itu, masyarakat disarankan menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah yang bisa menjadi tempat istirahat nyamuk, dan lain-lain.(sem)