-->

Notification

×

Kategori Berita

CARI BERITA

Iklan

Iklan


Iklan





Ninik Mamak Diarak

| Tuesday, January 17, 2023 WIB | Last Updated 2023-01-17T07:52:39Z

Kampar - Setelah dinobat sebagai Datuk atau Ninik Mamak Persukuan Piliang Kakabu Kenegerian Kuok pada Sabtu lalu Muhammad Nur kembali diarak ke pusat keramaian di kecamatan kuok. 

Dari pantauan media dilapangan terlihat arakan  dimulai dari Kantor Desa Kuok dan arak mengelilingi pasar yang dampingi langsung oleh pemerintahan desa, Polsek Bangkinang Barat beserta jajaran, serta Anak Keponakan dari Persukuan Piliang Kakabu. 

Darwis (65) Anak Keponakan dari Persukuan Piliang Kakabu menyampaikan "mulai hari ini setelah dinobatkan pada Sabtu lalu kekuasaan Persukuan Persukuan Piliang Kakabu telah diserahkan sepenuhnya kepada Datuk", Ucapnya ketika dikonfirmasi di Balai Adat  Kenegarian Kuok. 

"Sesuatu yang ada permasalahan dalam Persukuan dia harus turun tangan langsung dalam menyikapinya, dan tidak pula ia bisa lepas tangan, sehingga tidak sumbing pandangan anak kemanakan terhadap datuk", Tambah Darwis. 

Tak hanya itu saja, tugas dan fungsi Datuk ini cukuplah besar tidak hanya pada kegiatan acara pernikahan saja, namun apapun jenis kegiatan dan masalah yang melibatkan anak kemanakan Datuk ini harus mampu atau turun langsung untuk menyelesaikan. (jri)