-->

Notification

×

Kategori Berita

CARI BERITA

Iklan

Iklan


Iklan





PP-PAUD Gelar Sosialisasi Standar Penyelenggaraan PAUD

| Wednesday, August 21, 2024 WIB | Last Updated 2024-08-23T13:31:31Z

Ricana Hambali Buka Sosialisasi Standar Penyelenggaraan PAUD, di Balai Bupati Kampar. (21/08) 



Kampar - Perkumpulan Penyelenggara Pendidikan Anak Usia Dini (PP-PAUD) Kabupaten Kampar bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Kampar melalui Bidang PAUD menyelenggarakan Sosialisasi Standar Penyelenggaraan PAUD Bagi Penyelenggara PAUD di Kabupaten Kampar, di Balai Bupati Kampar. (21/08) 


Dalam sambutannya Bunda PAUD Kabupaten Kampar Ricana Djayanti Hambali menyampaikan "sosialisasi ini adalah agar para penyelenggara PAUD dapat memahami secara detail tentang apa saja yang harus dimiliki dalam mengelolah PAUD sehingga mampu menciptakan kualitas PAUD seperti yang diharapkan", Ucapnya. 


"Ada 8 Standar Nasional dalam penyelenggaraan PAUD, meliputi Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak, Standar Isi, Standar Proses, Standar Penilaian, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pengelolaan dan Standar Pembiayaan" demikian dipaparkan Ricana.


Selain itu ditambahkan oleh Ketua DPC PP PAUD Kabupaten Kampar ini, bahwa selain 8 hal tersebut di atas ada elemen lain yang juga sangat mempengaruhi tercapainya standar ini yaitu Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan dan 6 Pondasi Transisi PAUD ke SD. Dan untuk mewujudkan itu, haruslah semua unsur saling support yaitu Penanggung Jawab Yayasan/Penyelenggara, Para Pendidik dan juga Para Orang Tua. Jika hal ini terlaksana maka tercapailah apa yang dinamakan PAUD yang berkualitas untuk menciptakan generasi emas di Kabupaten Kampar.


"Komunikasi dengan berbagai unsur yang ada baik internal maupun ekternal sangatlah dibutuhkan untuk menjadikan kelembagaan PAUD kita menjadi PAUD yang berkualitas, PAUD yang mampu bersaing secara sehat, sehingga anaka-anak usia dini yang dititipkan di lembaga kita menjadi anak-anak sehat dan berkarakter sesuai yang diharapkan oleh orang tua dan negara" demikian ditegaskan Ricana.


Ricana juga mengharapkan kepada peserta sosialisasi yang merupakan para penyelenggara PAUD dari 21 Kecamatan di Kabupaten Kampar ini, agar benar-benar mengikuti sosialisasi ini secara serius dan sungguh-sungguh, dan nantinya bisa menerapkan di lembaga masing-masing.


Pada pembukaan sosialisasi ini tampak Ricana Hambali didampingi oleh Wakil Ketua PP PAUD Kabupaten Kampar Dra. Atni Prawati Syahrizal, M.ed, Kabid PAUD dari Disdikpora Kabupaten Kampar Mariani, Perwakilam dari Dinas DPPKBP3A Kabupaten Kampar, narasumber yang juga merupakan pengurus PP PAUD Kabupaten Kampar Nelti Rizka yang bertugas memberikan arahan dan pengetahuan tentang Standar Penyelenggaraan PAUD. (Adv)